TUPOKSI

Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Kelurahan di Kabupaten Tanah Bumbu

Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor  9 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, Fungsi,Uraian Tugas Dan Tata Kerja Unsur-Unsur Organisasi Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

KELURAHAN

LURAH

  1. Lurah mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati melalui Camat untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah di Kelurahan meliputi bidang pemerintahan, bidang ekonomi dan pembangunan, bidang kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat serta tugas pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan perundang – undangan yang berlaku.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana tersebut diatas, Kelurahan mempunyai fungsi sebagai berikut :
  3. Perumusan kebijakan teknis di Kelurahan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati melalui Camat berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku;
  4. Pelaksanaan dan pengoordinasian dibidang pemerintahan;
  5. Pelaksanaan dan pengoordinasian dibidang ekonomi dan pembangunan;
  6. Pelaksanan dan pengoordinasian dibidang kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat.
  7. Untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana tersebut pada angka (1) dan ( 2 ), Lurah mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  8. Merumuskan program kerja kelurahan dalam wilayah kerjanya;
  9. Mengoordinasikan kegiatan pemerintahan ditingkat kelurahan;
  10. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan ekonomi dan pembangunan;
  11. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat;
  12. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas secara menyeluruh;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Unsur – unsur organisasi lurah terdiri dari :

  1. Sekretaris
  2. Seksi Pemerintahan
  3. Seksi Ekonomi dan Pembangunan
  4. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

 

SEKRETARIS

  1. Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan urusan kesekretariatan yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, umum dan perlengkapan, penyusunan program, evaluasi dan pelaporan, serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat unsur – unsur organisasi kelurahan.
  2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana tersebut pada angka ( 1 ), Sekretaris mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  3. Menyiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan program dan rencana kegiatan;
  4. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan ketatausahaan / surat menyurat;
  5. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan keuangan;
  6. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan kepegawaian;
  7. Menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan rumah tangga dan perlengkapan serta urusan umum lainnya;
  8. Menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan kehumusan dan keprotokolan;
  9. Menyiapkan bahan evaluasi dan dokumentasi serta melaksanakan pelaporan kegiatan;
  10. Melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh unsur organisasi kecamatan;
  11. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi / unit kerja terkait dibidang tugasnya;
  12. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas secara menyeluruh;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI PEMERINTAHAN

  1. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan kelurahan berdasarkan pelimpahan kewenangan dari pemerintah kabupaten melalui camat dibidang pemerintahan yang meliputi urusan pemerintahan umum dan pemerintahan desa.
  2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada angka ( 1 ), Seksi Pemerintahan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  3. Menyusun program dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan, koordinasi dan fasilitasi kegiatan pemerintahan di Kelurahan sesuai pelimpahan wewenang pemerintah kabupaten;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiataan pemerintahan di tingkat kelurahan;
  6. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan urusan pemerintahan umum lainnya yang meliputi kependudukan, pertanahan dan kewilayahan, ketenteraman dan ketertiban umum serta hal – hal lain yang menyangkut tugas – tugas kelurahan;
  7. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
  8. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dibidang tugasnya;
  9. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas secara menyeluruh;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

JENIS PELAYANAN SEKSI  PEMERINTAHAN

  1. Kependudukan :
  2. KTP ( Kartu Tanda Penduduk )
  3. KK ( Kartu Keluaraga )
  4. Surat Keterangan Domisili
  5. SKCK
  6. Surat Keterangan Kehilangan
  7. Surat Keterangan Bepergian
  8. Surat Keterangan Pindah
  9. Surat Keterangan Lainnya
  1. Pertanahan :
  2. Surat Pengusaan Fisik Bidang Tanah ( SPPFBT )
  3. Surat Keterangan Bebas Sengketa Tanah
  4. Surat Keterangan Harga Tanah dan Bangunan

 

SEKSI EKONOMI DAN PEMBANGUNAN

  1. Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan di Kelurahan berdasarkan pelimpahan kewenangan pemerintah kabupaten dibidang ekonomi dan pembangunan.
  2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada angka ( 1 ), Seksi Ekonomi Pembangunan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  3. Menyusun program dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan, koordinasi dan fasilitasi kegiatan dibidang ekonomi dan pembangunan di kelurahan melalui camat sesuai pelimpahan wewenang pemerintah kabupaten;
  5. Menyiapkan bahan pengoordinasian pemeliharaan dan fasilitas pelayanan umum dibidang ekonomi;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dibidang tugasnya;
  7. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan di kelurahan;
  8. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas secara menyeluruh;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

JENIS PELAYANAN SEKSI EKONOMI PEMBANGUNAN 

  1. Surat Keterangan Usaha
  2. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  3. Surat Keterangan NPWP
  4. Surat Keterangan Tidak Memiliki Rumah

 

SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  1. Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan pemerintah kabupaten melalui camat dibidang Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.
  2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada angka ( 1 ), Seksi Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  3. Menyusun program dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan, koordinasi dan fasilitasi kegiatan dibidang kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat melalui camat sesuai pelimpahan wewenang pemerintah kabupaten;
  5. Menyiapkan bahan pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  6. Menyiapkan bahan pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum dibidang kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat;
  7. Menyiapkan bahan pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan kelurahan;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dibidang tugasnya;
  9. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas secara menyeluruh;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

 

JENIS PELAYANAN SEKSI  KESSOS, PEMMAS

  1. Surat Pengantar Nikah
  2. Surat Pengantar Imunisasi
  3. Surat Izin Keramaian
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu
  5. Surat Keterangan Belum Menikah
  6. Surat Keterangan Kematian
  7. Surat Keterangan Kelahiran
Bagikan Ke :