Penilaian lomba Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu 2019

 

Tim Penilai lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan penilaian di Kelurahan Batulicin. Kamis (21/3/2019). Tim Penilai lomba yang melibatkan beberapa Dinas dan Badan di Lingkungan Pemda Tanah Bumbu,hadir pula Tim Penggerak PKK Kab. Tanah Bumbu dan TP.PKK Kecamatan Batulicin.
Hadir pula Sekretaris Camat Batulicin  dalam sambutan beliau menagatakan bahwa sebagai warga saya kagum dengan perubahan Kelurahan Batulicin dalam hal pelayanan kepada warga karena adanya Inovasi Pelayanan online dan Ruang pelayanan Terpadu.

Perlombaan Kelurahan ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintah dan masyarakat, serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan atas prestasi yang telah diraihnya dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu dalam perlombaan kelurahan tahun ini akan dilakukan penilaian/evaluasi terhadap keberhasilan pembangunan yang terdiri dari 3 (tiga) bidang yang meliputi 19 Aspek yakni Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Kemasyarakatan. Dimana Bidang Pemerintahan mencakup aspek Pemerintahan Kelurahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, Kelurahan berbasis teknologi informasi/ E-Government serta kelestarian adat dan budaya. Bidang Kewilayan meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi. Bidang Kemasyarakatan meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam data perkembangan prifil Kelurahan 2 (dua) tahun terakhir yaitu tahun 2017 dan tahun 2018.Kelurahan yang menjadi pemenang nantinya, bakal mewakili Kota Parepare mengikuti lomba kelurahan tingkat provinsi.

 

Dalam sambutannya Lurah Batulicin Hendro Satria Rakhmatullah,S.STP menyampaikan Berbagai inovasi menjadi unggulan kelurahan Batulicin dan hasil capaian Kelurahan Batulicin, diantaranya dengan menampilkan inovasi Sistem Informasi Pelayanan Berbasis Online SIMPEL Batulicin, Ruang Pelayanan Terpadu, SMS Center dan Rencana Inovasi Pendataan Tanah melaui system GPS dengan titik koordinat. Sedangkan keberhasilan yang sudah dicapai adalah Juara 1 POS KAMLING Terbaik Tingkat Provinsi dan Juara Harapan 1 Kampung Tertib Lalu Lintas POLDA KALSEL

Bagikan Ke :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *